Pengertian Inverter

 

Inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang mengubah tegangan AC tiga fasa dari jala-jala (berfrekuensi 50 Hz atau 60 Hz) menjadi tegangan DC, kemudian mengubahnya kembali menjadi tegangan AC tiga fasa dengan frekuensi yang bisa diatur-atur sesuai keinginan pengguna/user.

 

Salah satu aplikasi Inverter dalam dunia keelektroteknikan adalah untuk mengendalikan kecepatan putaran motor AC. Contohnya pada sistem ban berjalan (conveyor belt) Seperti yang kita ketahui bahwa kecepatan putaran motor AC dapat dikendalikan dengan mengatur frekuensi dari tegangan AC yang menjadi sumbernya. Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa PLC mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang dinginkan.

 

Biasanya frekuensi tegangan AC output Inverter komersial dapat dikendalikan dengan menggunakan sinyal tegangan atau sinyal arus eksternal. Oleh karena itu, Slave Output Analog PLC yang dapat menghasilkan sinyal arus, dapat digunakan untuk mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang diinginkan.

Aplikasi  dari inverter

<><><> 

 
 

Materials handling
• +/- speed
• Brake sequence
• Motor switching
• Management of limit switches
• Switching frequency up to 16 kHz
• Current limitation
• Linear ramps, S, U or customised
• Second ramp Textile

Vvvvv

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGERTIAN INVERTER

Inverter adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) untuk alternating current (AC), AC dapat dikonversi pada setiap tegangan yang diperlukan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan sirkuit kontrol.

Solid-state inverter tidak memiliki bagian yang bergerak dan digunakan dalam berbagai aplikasi, dari kecil catu daya switching di komputer, untuk aplikasi besar listrik tegangan tinggi daya listrik arus searah transportasi yang massal. Inverter biasanya digunakan untuk catu daya AC dari sumber DC seperti panel surya atau baterai.

Ada dua tipe utama inverter. Output dari inverter sinus dimodifikasi gelombang ini mirip dengan keluaran gelombang persegi kecuali bahwa output pergi ke nol volt untuk sementara waktu sebelum beralih positif atau negatif. Ini adalah biaya sederhana dan rendah (~ $ 0.10USD/Watt) dan kompatibel dengan perangkat elektronik kebanyakan, kecuali untuk peralatan yang sensitif atau khusus, misalnya untuk printer laser tertentu. Sebuah inverter sinus murni gelombang menghasilkan output gelombang sinus nyaris sempurna (<3% distorsi harmonik total) yang pada dasarnya sama sebagai kekuatan jaringan utilitas yang disediakan. Jadi itu adalah kompatibel dengan semua perangkat AC elektronik. Ini adalah tipe yang digunakan di grid-tie inverter. Desain yang lebih kompleks, dan biaya 5 atau 10 kali lebih per satuan daya (~ $ 0.50 sampai $ 1.00USD/Watt). [1] inverter listrik berdaya tinggi osilator elektronik. Hal ini dinamakan demikian karena AC mekanik dini untuk konverter DC dibuat untuk bekerja secara terbalik, dan dengan demikian adalah “terbalik”, untuk mengkonversi DC ke AC.

Pemanfaatan sumber daya DC
Inverter dirancang untuk memberikan 115 VAC dari sumber 12 VDC disediakan di mobil. Unit ditampilkan menyediakan hingga 1,2 ampere arus bolak balik, atau cukup untuk kekuatan dua bola lampu enam puluh watt.

Sebuah inverter mengubah listrik DC dari sumber seperti baterai, panel surya, atau bahan bakar sel ke listrik AC. Listrik dapat setiap tegangan yang diperlukan, secara khusus bisa mengoperasikan peralatan AC yang dirancang untuk operasi induk, atau diperbaiki untuk menghasilkan DC pada setiap tegangan yang diinginkan.

Inverter dasi Grid dapat memberi makan energi kembali ke jaringan distribusi karena mereka menghasilkan arus bolak-balik dengan bentuk gelombang yang sama dan frekuensi yang disediakan oleh sistem distribusi. Mereka juga dapat mematikan secara otomatis pada saat terjadi pemadaman.

Micro-inverter mengubah arus langsung dari panel surya individu menjadi arus bolak-balik untuk jaringan listrik. [2]
[sunting] pasokan listrik Uninterruptible

Sebuah uninterruptible power supply (UPS) menggunakan baterai dan inverter untuk catu daya AC ketika listrik utama tidak tersedia. Bila daya utama dipulihkan, rectifier sebuah DC power supplies untuk mengisi ulang baterai.
[sunting] pemanasan Induksi

Inverter mengubah daya AC frekuensi rendah utama ke frekuensi yang lebih tinggi untuk digunakan dalam pemanasan induksi. Untuk melakukan ini, listrik AC pertama diperbaiki untuk memberikan daya DC. Inverter kemudian mengubah daya DC menjadi arus listrik AC frekuensi tinggi.

Dengan transmisi daya HVDC, listrik AC diperbaiki dan tegangan tinggi DC power ditransmisikan ke lokasi lain. Di lokasi penerima, inverter di sebuah pabrik inverter listrik statis mengubah kembali ke AC.
[sunting] Variable-drive frekuensi
Artikel utama: variabel-frekuensi drive

Sebuah drive frekuensi variabel-kontrol kecepatan operasi sebuah motor AC dengan mengendalikan frekuensi dan tegangan daya yang dipasok ke motor. Inverter Sebuah menyediakan kekuatan dikendalikan. Dalam kebanyakan kasus, drive variabel-frekuensi termasuk penyearah sehingga daya DC untuk inverter dapat diberikan dari listrik AC utama. Karena inverter merupakan komponen kunci, frekuensi variabel-drive kadang-kadang disebut drive inverter atau hanya inverter.
[sunting] drive Electric kendaraan

Inverter Adjustable kontrol kecepatan motor saat ini digunakan untuk menyalakan motor traksi di beberapa kendaraan rel listrik dan diesel-listrik dan juga beberapa baterai kendaraan listrik dan hibrida kendaraan jalan raya listrik seperti Toyota Prius. Berbagai perbaikan dalam teknologi inverter sedang dikembangkan khusus untuk aplikasi kendaraan listrik [3] Pada kendaraan dengan pengereman regeneratif., inverter juga mengambil daya dari motor (sekarang bertindak sebagai generator) dan menyimpannya di baterai.
[sunting] penyejuk udara
Artikel utama: Inverter (AC)

AC
Artikel utama: Inverter (AC)

AC bantalan tag inverter menggunakan drive variabel-frekuensi untuk mengontrol kecepatan motor dan dengan demikian kompresor.
[sunting] Kasus umum

Transformator Sebuah memungkinkan daya AC yang akan dikonversi ke tegangan yang diinginkan, namun pada frekuensi yang sama. Inverter, rectifier plus untuk DC, dapat dirancang untuk mengkonversi dari AC, tegangan atau DC, ke tegangan lain, juga AC atau DC, pada setiap frekuensi yang dikehendaki. Daya keluaran tidak pernah bisa melebihi daya input, tetapi efisiensi bisa tinggi, dengan proporsi kecil dari daya hilang sebagai panas limbah.

 

 

Fungsi dari INVERTER

Fungsi dari INVERTER

 

Rangkaian Inverter adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengubah arus tegangan DC menjadi tegangan AC. Selain untuk mengubah arus tegangan, Rangkaian Inverter juga berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan yang artinya tegangan output yang di hasilkan akan naik sesuai pengaturan yang kita inginkan. Rangkaian Inverter sederhana memiliki tegangan tinggi dengan daya tampung yang cukup besar. Salah satu inverter sederhana yang banyak di pakai yaitu inverter DC 12 Volt to AC 220 volt. Rangkaian Inverter memang di perlukan, karena dapat mengubah arus tegangan. Sekarang ini sudah banyak toko yang menjual inverter kecil dengan harga murah dan memiliki daya tampung (watt) cukup besar. Skema rangkaian inverter sebenarnya dapat kita buat sendiri, tergantung dari keinginan anda yang mebuat. Dari sekian banyak skema inverter yang saya dapat, hampir semua menggunakan Ic CD 4047 yang merupakan IC yang menghasilkan gelombang kotak-kotak, kemudian dari IC tersebut di perkuat amperenya dengan menggunakan beberapa transistor yaitu D313 dan 2n3055 (jengkolan). Di bawah ini skema rangkaian inverter :

 

Cara kerja inverter pada umumnya sama dengan power supply yaitu menyuplai arus DC ke AC dan juga bekerja untuk merubah tegangan dc menjadi arus ac. Anda membutuhkan aki mobil/DC Direct Current agar bisa dirubah menjadi arus listrik PLN/AC/Alternating Current. Lama ketahanan sebuah rangkaian inverter di tentukan bukan dari watt tetapi dari aki/battery yang anda gunakan dan beban. Pengertian inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang mengubah tegangan AC tiga fasa menjadi tegangan DC, kemudian mengubahnya kembali menjadi tegangan AC tiga fasa dengan frekuensi yang bisa diatur-atur sesuai keinginan pengguna. Fungsi inverter sendiri adalah merubah tegangan aki menjadi PLN sehingga bisa mengatasi pemadaman listrik bergilir, walaupun inverter bukanlah pembangkit listrik dan hanya sebagai listrik cadangan tetapi lumayan jika untuk masyarakat di perkotaan yang sering alami pemadaman listrik bergilir.

 

 

 

2 Fungsi inverter

Fungsi inverter, Artikel fungsi inverter ini untuk kepentingan edukasi atau pendidikan. Pada dasarnya fungsi inverter terbagi dua :
1. Fungsi inverter sebagai perubah tegangan Direct current menjadi Alternating current
2. Fungsi inverter sebagai penggerak motor

Fungsi inverter sebagai perubah tegangan DC ke AC ada dua di pasaran yaitu
1. Inverter yang dilengkapi charger aki
2. Inverter tanpa charger

Inverter yang dilengkapi charger accu biasanya digunakan untuk rumah karena memang sifat inverter yang tetap membutuhkan listrik PLN untuk charger accu nya

Inverter tanpa charger ini biasanya digunakan pada mobil, panel surya karena dalam pengecasan battery maka pada mobil menggunakan alternator dan pada panel surya menggunaka modul panel surya

Contoh fungsi inverter :
Untuk teknologi inverter pada air conditioner itu berfungsi sebagai penggerak dan untuk teknologi inverter pada panel surya atau listrik cadangan maka fungsi inverter ini berfungsi sebagai perubah tegangan direct current menjadi alternating current atau listrik accu mobil menjadi listrik PLN

Rangkaian inverter adalah rangkaian elektronika yang memiliki fungsi mengubah tegangan listrik searah (DC) menjadi listrik bolak-balik (AC). Selain mengubah listrik DC menjadi AC, inverter juga berfungsi untuk menaikkan tegangan yang artinya tegangan output yang di hasilkan akan naik sesuai pengaturan yang di inginkan.

Banyak jenis rangkaian inverter, mulai dari yang sederhana sampai rangkaian inverter dengan daya besar yang di gunakan untuk tegangan tinggi. Salah satu rangkaian inverter yang banyak di pakai yaitu inverter DC 12 Volt to AC 220 volt.

Nah, berikut block diagram inverter DC 12volt to AC 220 volt atau skema rangkaian inverter sederhana.

 

Daftar komponen inverter 12v DC – 220v AC di atas:

  1. C1, C2 68uf/25v 
  2. R1,R2 10 Ohm, 5watt 
  3. R3,R4 180 Ohm, 1watt 
  4. D1,D2 5 A atau lebih 
  5. Q1,Q2 2N3055 (transistor harus di beri sirip pendingin/heatshink) 
  6. T1 Transformator 11V,CT 

 

 

ara membuat Inverter – Pernahkah Anda ingin menyalakan TV, stereo atau alat lainnya ketika sedang dalam perjalanan atau ketika camping? Nah, inverter ini seharusnya bisa mengatasi masalah itu. Dibutuhkan tegangan 12 V DC dan menaikannya hingga mencapai 120 V AC. Daya (Watt) tergantung dari transistor yang anda gunakan untuk Q1 dan Q2, serta seberapa besar transformator yang Anda gunakan untuk T1. Inverter dapat dibuat untuk memasok daya berapapun dari 1 sampai 1000 watt (1 KW).

Komponen:
C1, C2 68 uf, 25 V Tantalum Capacitor
R1, R2 10 Ohm, 5 Watt Resistor
R3, R4 180 Ohm, 1 Watt Resistor
D1, D2 HEP 154 Silicon Diode
Q1, Q2 2N3055 NPN Transistor (lihat “Catatan”)
T1 24V, Pusat Tapped Transformer (lihat “Catatan”)
MISC Wire, Case, receptical (Untuk Output)

Catatan:
1. Q1 dan Q2, serta T1, menentukan berapa banyak daya (watt) dari inverter yang dapat di suplai. Dengan Q1, Q2 = 2N3055 dan T1 = 15 A, inverter ini mampu menyuplai daya sekitar 300 watt. Transformator yang lebih besar dan transistor yang lebih kuat dapat digantikan pada T1, Q1 dan Q2 untuk menghasilkan daya lebih besar.
2. Cara termudah dan paling murah untuk mendapatkan T1 yang besar adalah menggulung ulang transformator dari microwave tua. Trafo ini memiliki daya sekitar 1KW dan sempurna untuk digunakan. Pergi ke bengkel elektronik lokal dan cari sisa-sisa barang yang tidak terpakai  sampai Anda mendapatkan microwave terbesar yang Anda dapat temukan. Semakin besar microwave, semakin besar pula transformatornya. Lepaskan trafo, hati-hati jangan sampai menyentuh kapasitor besar bertegangan tinggi yang mungkin masih di-charge. Jika Anda mau, Anda dapat menguji transformator tersebut, tetapi biasanya masih dalam keadaan baik. Sekarang, lepaskan lilitan sekunder lama 2000 V, hati-hati jangan sampai merusak lilitan primer. Biarkan lilitan primer apa adanya. Sekarang, gulung lilitan sebanyak 12 putaran dari kawat, twist loop (center tap), dan gulung kembali sebanyak 12 putaran. Ketebalan kawat akan tergantung pada berapa besar arus yang Anda rencanakan untuk disupplai ke trafo. Kawat yang ditutupi Enamel magnet sangat sesuai untuk ini. Sekarang amankan gulungan dengan tape/perekat. Selesai semua untuk transformator. Ingatlah untuk menggunakan transistor arus tinggi untuk Q1 dan Q2. Transistor 2N3055 dalam daftar komponen hanya dapat menangani arus 15 amps masing-masing.
3. Ingat, ketika beroperasi pada daya (watt) tinggi, rangkaian ini menarik arus dengan jumlah besar. Jadi Jangan biarkan baterai cepat habis.
4. Karena rangkaian ini menghasilkan 120 V AC, Anda harus menggunakan sekering dan membuat rangkaian dalam kasing (wadah tertutup).
5. Anda harus menggunakan kapasitor tantalum untuk C1 dan C2. Kapasitor Electrolytics biasa, akan panas dan meledak. Dan ya, 68uF adalah nilai yang benar. Tidak ada substitusi.
6. Rangkaian ini bisa rumit untuk dibuat. Perbedaan pada transformator, transistor, komponen substitusi atau hal lain yang tidak ada di halaman ini dapat menyebabkan rangkaian tidak berfungsi.

 

 

Panel-cair LCD layar pilihan dalam berbagai macam produk portabel dari notebook Komputer, PC tablet, dan PDA untuk kamera digital dan instrumentasi portabel. Lampu katoda dingin neon kompak (CCFLs) memberikan iluminasi cahaya yang diperlukan dalam aplikasi ini, memungkinkan layar dapat dibaca di kedua redup dan terang cahaya ambient.

Pada monitor LCD dan TV, CCFLs Inverter sirkuit memainkan peran penting untuk layar cahaya digital. Ini secara teknis menantang sirkuit. Pertama, inverter harus menerima berbagai masukan dc tegangan, biasanya dari 3 hingga 14 V, dan menyediakan ac output dari 500-800 V untuk menjalankan tabung CCFL. Kemudian, untuk terbakar lampu CCFL, sirkuit ini harus memberikan pemogokan sesaat

Tegangan yang biasanya adalah dua kali lipat dari run tegangan mereka. Banyak aplikasi juga memerlukan efisien

Peredupan kemampuan untuk memungkinkan produksi lampu untuk mencocokkan ambien (lingkungan) kondisi cahaya dan dengan demikian memperpanjang baik lampu dan waktu baterai.

Ada lebih dari satu jenis desain Inverter atau topologi gunakan dalam liquid crystal display (LCD) perangkat. Seperti:

1. Buck Royer Inverter (Tradisional)

2. Direct Drive (Muka Sederhana)

1. The Buck tradisional / Royer inverter topologi dasarnya adalah kombinasi dari langkah-down

Voltage regulator Buck dan Royer osilator diri resonan dengan trafo step-up terpisahkan. Dari satu dekade, pembuat layar mempekerjakan Buck / Royer inverter topologi untuk mogok dan kekuasaan CCFLs. Ini topologi daya analog pada dasarnya adalah kombinasi dari regulator tegangan Buck langkah-down dan Royer osilator diri resonan dengan trafo step-up terpisahkan.

 

Buck Royer Inverter Tradisional

2. Sebuah topologi inverter sederhana yang dapat mengoptimalkan kinerja, mengurangi jumlah komponen, dan biaya yang lebih rendah mengimplementasikan arsitektur Direct Drive yang menghilangkan induktor dan kapasitor resonan ditemukan di sebuah osilator Royer konvensional.

 

Langsung Inverter drive

Sirkuit Operasi Of An Inverter

 

CCFLs, Inverter idealnya membutuhkan DC-12 volt dari papan pasokan listrik di LCD Monitor / TV dan

Dalam Laptop dari NIMH Baterai. Rangkaian operasi dan fungsi LCD inverter yang sama seperti

Power supply un-terputus (UPS) karakteristik.

Selain itu, LCD Inverter DC mengambil-12 Volt dari pasokan dan mulai pulsa sinyal dari papan utama, yang api keseluruhan proses dalam rangkaian inverter. Switching hadir, sehingga untuk memulai osilasi dikontrol melalui inverter peredupan pengendali chip IC. Yang mengontrol beberapa fungsi.

Misalnya, perlindungan sirkuit pendek, kontrol suhu, Power, Kelembaban dan Dimming untuk kesalahan tinggi dan rendah pencahayaan CCFLs gratis. Bagian paling penting dan wajib inverter adalah trafo tegangan tinggi. Yang memproduksi hingga 600-800 Tegangan keluaran sesuai dengan kondisi cahaya ambient dan persyaratan. Ini memberikan sumber arus bolak untuk mendorong lampu. Lampu saat ini akan total trafo tegangan output dikurangi tegangan lampu (lampu tegangan berbanding terbalik dengan berlaku) dibagi dengan

impedansi kapasitor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s